Jenis Jenis Penyakit Pada Kulit


Berikut ini adalah masalah-masalah yang terjadi pada kulit :


1. Jerawat
Jerawat disebabkan oleh bakteri yang tumbuh di kulit dan menghubungkan pori-pori dengan kelenjar minyak di bawah kulit. Jerawat bisa berkembang jika tidak segera diobati.

2. Eksim
Eksim merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan rasa gatal, kulit menjadi merah, kering, dan bengkak. Biasanya eksim terjadi pada wajah, tangan, kaki, siku, dan area belakang lutut. Eksim termasuk penyakit autoimun dimana sel-sel imun menyerang sel-sel yang sehat pada jaringan kulit penderita.

3. Psoriasis
Psoriasis ialah sejenis penyakit kulit yang penderita nya mengalami proses pergantian kulit yang terlalu cepat dan disebabkan oleh terganggunya sistem kekebalan tubuh. Penyakit ini merupakan radang kulit yang kronis.

Gejalanya timbul bercak-bercak merah yang di atasnya terdapat sisik-sisik putih tebal dan menempel berlapis-lapis. Bila digaruk, sisik-sisik tersebut akan rontok. Mula-mula, luas permukaan kulit yang terkena hanya kecil. Makin lama, luasnya makin melebar.
Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa penderita psoriasis mengalami peningkatan risiko terserang beberapa penyakit kardiovaskular hampir sama seperti pada perokok.
Jumlah penderita psoriasis dari tahun ke tahun terus menanjak. Di Amerika Serikat saja, sekitar 7,5 juta orang menderita penyakit dengan gejala tebal, merah, bersisik, dan gatal pada kulit ini. Tidak hanya sakit secara fisik, pasien psoriasis ternyata juga akan mengalami kondisi kesehatan yang fatal di kemudian hari jika tidak dikontrol dengan baik.

4. Melanoma
Melanoma adalah bentuk serius kanker kulit yang dapat mengancam hidup jika tidak diobati. Melanoma bisa sangat berbahaya jika muncul pada leher atau kulit kepala. Salah satu tanda terjadinya melanoma adalah tahi lalat yang membesar. Selain itu terjadi perubahan warna pada tahi lalat serta terlihat tanda-tanda peradangan pada kulit di sekitar tahi lalat.

5. Impetigo
Impetigo adalah infeksi kulit yang menyebabkan terbentuknya lepuhan-lepuhan kecil berisi nanah dan merupakan penyakit kulit menular yang biasanya disebabkan oleh bakteri. Impetigo banyak menyerang anak-anak usia 2 hingga 6 tahun. Bakteri biasanya masuk ke kulit karena gigitan serangga, luka, atau goresan. Kebersihan sangat penting bagi orang yang mengalami impetigo.